Gigi Sensitif

klinik gigi di jogja,klinik perawatan gigi di yogyakarta,praktek dokter gigi di jogja,perawatan gigi sensitif di jogja         Pernahkah Anda merasakan ngilu atau nyeri pada gigi anda saat menikmatmati makanan atau minuman panas/dingin, manis atau asam? Jika iya maka gigi anda termasuk gigi sensitif.
Gigi sensitif dapat disebabkan oleh berkurangnya/menipisnya lapisan email pada gigi kita.
Kebiasaan menggosok gigi dengan tekanan yang terlalu kuat/berlebih dapat membuat gusi mengalami iritasi atau gusi menurun dari leher gusi, sehingga akar gusi akan terbuka dan lapisan emailpun akan berkurang ketebalannya, dan dapat menyebabkan gigi ngilu/nyeri.

Secara umum penyebab gigi sensitif antara lain:
1. Terkikisnya lapisan email
2. Penurunan gusi/ abrasi pada leher gusi
3. Kebiasaan mengkonsumsi makanan/minuman yang bersifat asam
4. Tambalan gigi yang retak/bocor
5. Kurang terjaganya kebersihan gigi dan Mulut
6. Abrasi gigi, misal karena menyikat gigi yang terlalu kuat

Pencegahan Gigi Sensitif
Untuk mencegah gigi menjadi sensitif dapat dilakukan dengan cara menggosok gigi perlahan/ dengan mengurangi tekanan berlebih, menggunakan bulu sikat yang halus/lembut, menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif, tidak makan/minum panas dan dingin dalam waktu yang besamaan, rajin periksa ke dokter gigi.

Perawatan Gigi Sensitif
Gigi sensitif dapat diatasi/dilakukan perawatan, sesuai dengan penyebab dan keadaan yang terjadi. Dokter gigi kemungkinan akan merekomendasikan pemakaian pasta gigi khusus, yang mengandung zat strontium chloride/ potassium nitrate, melakukan perbaikan tambalan/restorasi, penutupan terhadap pori-pori dentin yang terbuka, merawat saluran akar gigi (endodontic), bedah gusi/jaringan periodontal (jaringan penyangga gigi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *