Mengatasi Gusi Berdarah

On January 5, 2013

radang gigi,gusi berdarah,sakit gigi,dokter gigi,klinik gigi,praktek doker gigi, Bright dental Care Yogyakarta, www.klinikgigi-brightdental.com

Gusi berdarah

Dokter kenapa yah saat saya sikat gigi berdarah ? banyak keluhan – keluhan seperti itu yang timbul dan menjadi suatu masalah karena setiap menyikat gigi selalu berdarah. Gusi berdarah tidak boleh dianggap remeh karena dapat memicu masuknya bakteri ke aliran darah. Ada banyak hal yang menyebabkan gusi berdarah salah satunya akibat terjadinya infeksi atau peradangan pada gusi dan tekhnik sikat gigi yang salah. Pemicu terjadinya peradangan pada gusi ini yang utama adalah kurangnya menjaga kebersihan gigi sehingga bakteri menumpuk sehingga menimbulkan plak dan kalkulus ( karang gigi ). Bakteri tersebut akan mengeluarkan racun-racun yang akan menyebabkan efek sehingga terjadilah peradangan pada gusi dengan ciri gusi berwarna kemerahan dan mudah berdarah. Kerusakan yang terjadi bukan hanya pada gusi tetapi juga pada jaringan penyangga gigi sehingga akhirnya menyebabkan gigi menjadi goyang dan bahkan bisa tanggal.
Penyebab terjadinya karang gusi ini adalah adanya akumulasi kuman dan bakteri yang ada pada plak dan karang gigi. Yang perlu diingat bahwa plak dan karang gigi ini tidak dapat hilang dengan melakukan penyikat gigi. Oleh karena itu plak dan karang gigi ini harus dihilangkan dengan melakukan scalling / membersihkan karang gigi pada dokter gigi. Mengunjungi dokter gigi adalah solusi paling tepat dari masalah gusi berdarah ini. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan sehingga akan diketahui sejauh apa kuman bakteri ini menginfeksi gusi dan jaringan disekitar gigi.

Perawatan terhadap gusi berdarah ini harus segera dilakukan karena apabila diabaikan akan menimbulkan efek yang lebih parah seperti gigi menjadi goyang. Tekhnik menyikat gigi juga harus diperhatikan dengan melakukan penyikatan gigi arah vertikal dari arah gusi ke gigi serta hindari penyikatan gigi yang terlalu keras karena dapat mencederai gusi. Tujuan penyikatan arah vertikal ini adalah agar area gusi ikut terpijat sehingga peredaran darah sekitar gusi menjadi lancar.

Pemilihan sikat gigi juga harus diperhatikan dengan pemilihan sikat gigi dengan rumpun bulu sikat yang halus. Frekuensi penyikatan gigi harus dilakukan minimal 2x sehari setelah sarapan dan sebelum tidur. Untuk hasil yang lebih maksimal maka rutin dengan mengunjungi klinik gigi bright dental minimal 6 bulan sekali.

by : drg intan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *